UA-83233104-1

Saturday 7 September 2024

Kementerian Perindustrian Adakan Workshop Esmart IKM di Jawa Timur

Kementerian Perindustrian hari ini Jumat 6 September 2024 mengadakan Workshop Esmart IKM di Jawa Timur, di hotel Aston Sidoarjo.  Acara berlangsung mulai pukul 8.00 hingga 17.00, dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian laporan pelaksanaan kegiatan oleh bapak Budi Hartono, dilanjutkan pembukaan dan sambutan yanga disampaikan oleh  bapak Widiantoro Basuki selaku kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo, serta bapak Drs, Yedi Sabaryadi selaku Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan. 

Dalam acara ini IKM diperkenalkan dengan aplikasi SIINAS serta materi tentang strategi dan optimasi membuat konten interaktif untuk menaikkan omset di Tokopedia. 

Materi pertama disampaikan oleh bapak Fandrika Sutrizona tentang Sosialisasi pendaftaran Sertifikasi TKDN untuk Industri Kecil. Terkait dengan TKDN peserta diperkenalkan dengan aplikasi SIINAS. SIINAS kependekan dari kata: Sistem Informasi Industri Nasional. SIINAS sendiri adalah tatanan prosedur dan mekanisme kerja yang terintegrasi. Meliputi unsur institusi sumber daya manusia basis data perangkat keras dan perangkat lunak. Serta jaringan komunikasi data yang terkait satu sama lain dengan tujuan untuk penyampaian pengelolaan penyajian pelayanan serta penyebarluasan data dan atau informasi industri. Yaitu sebuah layanan atau fasilitas yang diperuntukkan bagi pelaku industri. 

SIINAS akan memberikan banyak manfaat bagi pelaku bisnis karena didalamnya terdapat banyak fitur-fitur yang akan memberikan banyak kemudahan berkaitan dengan pengembangan bisnis bagi para pengusaha.


 Berikut ini beberapa manfaat SIINAS bagi pelaku usaha yang bisa diakses melalui fitur-fiturnya:

  • Mempermudahdan mempercepat penyampaian laporan/ pelayanan.
  • Mempermudah dan mempercepat pengelolaan, penyajian, pelayanan data/ infofrmasi.
  • Penyebarluasan data/ informasi industri yang akurat, relevan, dan dapat dipertanggungjawabkan. 
  • Sebagai dasar pengaturan, pembinaan, dan pengembangan industri yang dapat diakses oleh masyarakat dan pemangku kepentingan.

Pada aplikasi SIINAS terdapat beberapa layanan/ fasilitas antara lain:

  1. e - Licensing. Layanan pengajuan permohonan untuk melakukan kegiatan ekspor dan atau impor.
  2. Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Indistri (IOMKI). Yaitu layanan pengajuan perijinan agar dapat m,elakukan kegiatan usahanya selama pandemi covid19.
  3. Penghargaan Industri Hijau. Yaitu layanan pendaftaran untuk mengikuti penghargaan Industri Hijau.
  4. Restrukturisasi Mesin dan Peralatan. Layanan pendaftaran untuk mendapatkan bantuan berupa potongan harga mesin dan atau peralatan produksi.
  5. Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Industri Kecil. Yaitu layanan pendaftaran untuk mendapatkan sertipikat TKDN Industri Kecil agar dapat digunakan untuk mengikuti pengadaan barang dan jasa pemerintah.
  6. Verifikasi Kemampuan Industri (VKI). Layanan pendaftaran untuk mendapatkan LHVKI (Laporan Hasil Verifikasi Kemampuan Industri) yang akan digunakan sebagai persyaratan.
  7. Virtual Business Matching. Sebuah layanan menyampaikan komitmen kesanggupan memenuhi terhadap paket pengadaan barang dan jasa pemerintah yang tersedia.
     

Untuk mengajukan akun SIINAS bagi pelaku usaha tidaklah sulit. Berikut ini cara-cara untuk mendaftar pada aplikasi SIINAS.

Cara  mendaftar SIINAS:

1. Kunjungi situs SIINAS pada https://siinas.kemenperin.go.id/

2. Klik bagian Registrasi Akun SIINAS

3. Lengkapi data dan buat password. 


 Materi workshop berikutnya tentang Strategi dan Optimasi Membuat Konten Interaktif Untuk Menaikan Omset di Tokopedia. Pemateri adalah seorang Master Trainer dari TOKOPEDIA yaitu coach Dany Laksana. Beliau memberikan tips untuk sukses berjualan di marketplace khususnya TOKOPEDIA harus memperhatikan 3 hal, antara lain: Gambar (foto harus jernih bagus dan background harus putih), Deskripsi (harus jelas dan detail), dan Promosi (memberikan diskon).

Selain itu ada yang tak kalah penting dalam menjaring konsumen,  yaitu tips pembuatan konten. Konten yang baik harus memenuhi syarat yang bisa mamebuat konsumen ingat dan penasaran dengan konten kreatif brand kamu:

  • Buat Meme, Quis, dan video/ foto Behind the scene.
  • Posting sesuatu yang inspiratif atau buat tips and tricks.
  • Buat Engagement yang bagus di medsos. Bangun interaksi dengan audiens di berbagai platform media sosial, seperti: Instagram, X, Tik Tok, Facebook, dsb. 
  • Call to actions. Contoh call to action dalam bentuk copywriting: Mengajak diskusi, "Kamu ada pendapat lain? Tulis aja dikolom komentar.". Menggunakan kata-kata aksi, "Ayo klik link dibnawah ini, dan dapatkan promo eksklusif lainnya." Bikin pembaca emosi, "Jangan dilihat aja, sekalian bagikan ke temen-temenmu ya!"


 Satu lagi pesan dari coach Dany agar memberikan pelayanan yang baik agar toko online mendapat bintang 5, meliputi: packaging yang aman dan cantik, memberikan thank you card dan bonus, serta lakukan broadcast chart untuk mengingatkan pada konsumen akan promo-promo yang ada di toko. 

Setelah itu dipenghujung acara para peserta workshop diberikan kesempatan untuk tanya jawab, serta interaktif dari coach Dany agar bisa saling follow Ig sehingga para peserta masih bisa berinteraksi dan berdiskusi seputar toko online. Alhamdulillah ... acara berjalan lancar, semoga akan bermanfaat demi peningkatan bisnis para peserta.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi.